Forkompinda Buleleng Lakukan Pengamanan Ekstra, Jelang Misa Natal 2022

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px


 

Forkompinda Buleleng Lakukan Pengamanan Ekstra, Jelang Misa Natal 2022

Idham Redaksi Buleleng
Minggu, 25 Desember 2022

   Forkompinda Buleleng, Jelang Natal

Singaraja-Buleleng| Memastikan berjalan kondusif pelaksanaan Hari Raya Natal Umat Kristiani Tahun 2022, di Kabupaten Buleleng, yang jatuh pada hari Minggu (25/12/2022). Persiapan dan pengarahan dilakukan Forkompinda Buleleng secara maksimal, terukur demi terciptanya rasa keamanan dan kemanan untuk ketenangan beribadah umat kristiani. 

Jajaran Forkompinda yang terdiri dari Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana,S.I.K., M.H., Dandim 1609/Buleleng Letkol Arh Tamaji, S.sos dan Sekda Kabupaten Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd., terjun langsung ke lapangan melakukan pengecekan tempat ibadah Gereja.

Tujuan dilakukan pengecekan, untuk menyakinkan tempat ibadah gereja yang digunakan melaksanakan ibadah Natal benar-benar seteril sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat Kristiani saat melaksanakan ibadah Natal dan Tahun Baru, serta memastikan kesiap siagaan personil pengamanan yang telah tergelar secara optimal dilokasi gereja.
 
Seterilisasi dilaksanakan dengan menerjunkan tim dari unit Samapta Polres Buleleng dibawah kendali Kasat Samapta AKP Wayan Sukrawan, S.A.P., dengan memawa alat-alat yang berkaitan penditeksian terhadap barang-barang berbahaya baik Handak maupun barang berbahaya lainnya, yang dipantau langsung Forkompinda. 
Pertama seterilisasi dilaksanakan di Gereja GKPB Sabda Bayu Jalan Gatot Kaca Singaraja di areal Gereja dan disaksikan langsung oleh pihak Gereja Pdt. Yosia Yogiarta, S.Th., M.Th.

Kemudian di Gereja GPIB Jemaat PNIEL Jalan Ngurah Rai Singaraja kegiatan  sterilisasi  disaksikan langsung oleh pihak Gereja Pdt. Cristine Djama-Kaunang, S.Th. 

Selanjutnya di Gereja Katolik Santo Paulus Jalan Kamboja Singaraja sterilisasi di areal Gereja  disaksikan langsung oleh pihak Gereja Romo Agus Berelau, Pr. Dan  di Gereja Pantekosta (GPDI) Jemaat Imanuel Jalan Anggrek Kelurahan Kaliuntu  saat pelaksanaan  sterilisasi disaksikan langsung oleh pihak Gereja Pdt. Paul Asa

Kapolres Buleleng yang didampingi forkompinda menyampaikan, bahwa hasil dari seterilisasi yang dilakukan di beberapa gereja tidak ditemukan adanya barang-barang berbahaya baik itu Handak (bahan peledak) maupun barang-barang berbahaya lainnya, ucapnya.

“seterilisasi tidak dilakukan pada pagi hari ini saja, tetapi dilakukan satu jam sebelum umat kristiani melaksanakan ibadah, termasuk kegaitan Misa Natal yang akan dilaksanakan pada sore hari ini Sabtu (24/12/2022) dimasing-masing gereja”, imbuhnya. 

“kami tempatkan puluhan personel pengamanan bersama dengan unsur TNI dan komponen pengamanan lainnya di setiap gereja dan rumah ibadah yang ada di wilayah Kabupaten Buleleng “, kata Kapolres. 

“semoga semua serangkaian kegiatan ibadah untuk perayaan Natal Tahun 2022 dapat berjalan dengan aman, nyaman serta tidak ada gangguan apapun, begitu juga dalam menyambut Tahun Baru 2023”, harap Kapolres Buleleng dan forkompinda.***