769 Wisudawan Undiksha diajak menjadi lulusan yang adaptif

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px


 

769 Wisudawan Undiksha diajak menjadi lulusan yang adaptif

One Redaksi
Jumat, 31 Maret 2023

Foto Istimewa:Rektor undiksha Mewisuda Mahasiswanya

Kabar Buleleng-Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menggelar wisuda ke LXX, Jumat (31/3/2023). Melalui momen ini, para wisudawan dari berbagai program studi diajak untuk untuk adaptif terhadap perubahan. 

Wisuda ini diikuti 769 lulusan dari jenjang pendidikan D3, S1, S2, dan S3. Dari jumlah tersebut, 47 orang diantaranya adalah Sarjana Kedokteran. 

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., menyampaikan Undiksha berkomitmen untuk selalu berkontribusi dalam rangka menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul, kompeten, dan berkarakter Pancasila dalam rangka mewujudkan Indonesia yang lebih baik ke depan. 

Sebagai perguruan tinggi, Undiksha saat ini sedang berbenah untuk selalu meningkatkan kualitasnya, baik dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 

Selama studi, para lulusan dibekali dengan pengetahuan, keterampilan, teknologi, dan nilai-nilai hidup, dengan harapan agar mampu memperoleh pekerjaan yang layak serta mampu menciptakan lapangan kerja, terus termotivasi untuk meningkatkan kualitas dirinya, serta bermanfaat dan bernilai guna bagi keluarga dan masyarakat. "Kami berharap para lulusan ini dapat dengan sukses mengarungi tahapan-tahapan pembentukan SDM unggul berikutnya, baik pada jenjang pendidikan selanjutnya maupun di dunia kerja," harapnya. 

Para lulusan ini diharapkan dapat menjadi sosok yang tangguh, yang siap menghadapi dan mengatasi masa depan yang rentan cepat berubah. Oleh karena itu, perlu untuk terus mengembangkan dan menguasai keterampilan abad 21. Selain kompetensi teknologi, keterampilan lainnya adalah memiliki critical thingking. Dengan memperoleh gelar sarjana, magister, atau doktor, harus mengutamakam diri sebagai mind of analysis. Selain itu harus meningkatkan creativity. Para lulusan harus bisa mengubah sesuatu yang bernilai rendah menjadi sesuatu yang memiliki nilai tinggi. "Jadi kreatifitas yang mereka dapat saat perkuliahan mungkin bisa mereka gunakan di steak holder yang lain," ungkapnya. 

Keterampilan lain yang ditegaskan adalah  collaboration/ kolaborasi dan communications/komunikasi. "Jika itu dikuasai, maka bisa meghadapi tiap tantangan di masa depan," imbuhnya. 

Ia menambahkan, dalam perjalanannya, berbagai prestasi berhasil diraih oleh Undiksha, baik berkaitan dengan tata kelola kelembagaan dan secara khusus berkaitan dengan bidang akademik dan non akademik. Raihan ini dinilai tidak lepas dari dukungan dan peran para lulusan. Diharapkan, semangat berprestasi dapat terus tumbuh untuk mewujudkan Undiksha sebagai Trend-setter dan International Reputable University dan mewujudkan visi "Menjadi Universitas Unggul Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia pada Tahun 2045. (Red