Wayan Koster Isi Kuliah Umum di STAHN Mpu Kuturan Singaraja dengan Tema Gen Z Penerus Masa Depan Bali

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px


 

Wayan Koster Isi Kuliah Umum di STAHN Mpu Kuturan Singaraja dengan Tema Gen Z Penerus Masa Depan Bali

Selasa, 04 Juni 2024


Buleleng -- Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja, Selasa 4/6/2024 menggelar Kuliah Umum yang bertempat di Gedung Kesenian Gde Manik Buleleng.


Kuliah Umum yang diagendakan oleh STAHN Mpu Kuturan Singaraja dengan mengambil tema, "Gen Z Penerus Masa Depan Bali", dengan Narasumber Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M dan juga sebagai Gubernur Bali 2018-2023. Agenda tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, SH dan Pj. Bupati Buleleng Ir. I Ketut Lihadnyana, M.M.A.


Dalam kesempatan tersebut, Narasumber I Wayan Koster juga membahas persoalan yang ada di Bali, masalah Gen Z sampai pada pencapaian Wayan Koster dimasa menjabat sebagai Gubernur Bali selama 5 tahun. Koster sebagai narasumber juga mengharap pada Gen Z untuk menjaga Budaya dan Tradisi di Bali.


Dalam penyampaiannya, terkait Masalah yang dihadapi Bali. Mulai dari persoalan wilayah kecil, menarik dan menjadi pertarungan berbagai banyak pihak untuk eksploitasi Bali. Adat, seni dan budaya semakin terkikis yang mengancam keajegan dan daya tarik Bali. Sumber Daya Alam semakin terbatas yang mengancam kehidupan masyarakat sampai pada kebutuhan pangan yang bergantung pada pihak luar.


Selain menyampaikan permasalahan di Bali, Kosterpun juga menyampaikan masalah yang ada di Gen Z. Menurut Koster, Gen Z saat ini, Overthingking disebabkan terlalu dibanjiri banyaknya informasi, ketatnya persaingan Global, isu kesehatan mental, sampai pada daya juang yang semakin menurun karena fasilitas yang serba ada dan serba cepat.


Disisi lain, koster sebagai Narasumber tidak hanya menyampaikan terkait dengan masalah yang ada di Bali dan masalah pada Gen Z. Koster juga menyampikan capaian yang telah Koster lakukan selama menjabat sebagai Gubernur Bali pada 2018-2023.


Pencapaian Pembangunan Bali selama 5 Tahun yang telah di pimpin Koster masa itu antara lain. Menjaga adat, tradisi, seni, budaya dan kearifan lokal di Bali. Menjaga kelestarian alam di bali (pembatasan penggunaan sampah plasti sekali pakai. Bangga dengan produk Bali (mengeluarkan aturan, mewajibkan pakaian busana Bali setiap hari kamis, di Sekolah sampai Instansi pemerintahan). Pembangunan infrastruktur dan sarana-prasarana strategis (pembangunan kawasan budaya di bali dan pembangunan  turyapada tower di buleleng). Memperkokoh perekonomian Bali (Transformasi Ekonomi Kerthi Bali).


Diakhir penyampaian materinya, Koster juga memberikan tips untuk menyiapkan Gen Z penerus masa depan Bali.


Koster menyampaikan "ada 3 ikhtiar jalan kehidupan menuju kesuksesan. Yang pertama, kerja keras, tekun, dengan upya diatas standart, mencapai prestasi tinggi. Kedua, disiplin, teguh pendirian dan memiliki Idealisme. Ketiga, persisten/tahan banting dan selalu optimis dalam kondisi apapun" tegas koster diakhir penyampaian dalam Kuliah Umum yang di laksanakan oleh STAHN Mpu Kuturan Singaraja tersebut.***