Pesan PJ Bupati Dalam Upacara Pengabenan Kinembulan III di Kampung Anyar Buleleng

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px


 

Pesan PJ Bupati Dalam Upacara Pengabenan Kinembulan III di Kampung Anyar Buleleng

Kalingga
Selasa, 17 Oktober 2023

Pj. Bupati Lihadyana, Senin 16 Oktober 2023 secara langsung melihat pelaksanaan Pengabenan Kinembulan III IWB Singaraja


BULELENG -- Upacara Pengabenan Kinembulan III di Kelurahan Kampung Anyar Kecamatan Buleleng yang digelar Ikatan Warga Bugbug (IWB) mendapat apresiasi langsung Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana.


Dalam metode dengan pengabenan itu mendorong desa adat di Buleleng untuk melaksanakan hal serupa dalam bingkai kebersamaan dan kekompakan.


Pj. Bupati Lihadyana, Senin 16 Oktober 2023 secara langsung melihat pelaksanaan Pengabenan Kinembulan III IWB Singaraja yang dipusatkan di Gedung Serbaguna Kelurahan Kampung Anyar.


Pihaknya juga merasa gembira dan  bangga saat memasuki tempat pelaksanaan ngaben di Kampung Anyar ini dengan kekompakan yang dilakukan IWB Singaraja yang mampu melaksanakan upacara yadnya terbesar secara bersama-sama di perantauan.


“Saya merasa gembira, karena Ikatan Warga Bugbug sudah bisa melaksanakan kewajibannya meskipun dirantaun di Buleleng, dengan segala kekompakan sehingga sebenarnya inilah yang diharapkan dan menjadi contoh bagi desa-desa yang lain, ya desa-desa adat,” ungkap Lihadnyana.



Lihadnyana sangat merasakan nilai-nilai kebersamaan yang dilakukan IWB Singaraja dari mengawali atau perencanaan hingga tahapan pelaksanaan pengabenan kinembulan tersebut,  


“Bahwa dalam hal melaksanakan kewajiban tidak mesti harus sendiri-sendiri, kekompakan semacam ini dalam bentuk Ngaben Kinembulan ini, bangga saya, luar biasa karena baru masuk itu sudah merasakan aura yang berbeda, vibrasinya beda,” ujarnya.


Ia berharap dengan apa yang telah dilakukan secara bersama-sama itu akan terus terjaga dan tetap dilestarikan hingga anak cucu yang akan datang,  “Karena ini merupakan satu kebersamaan yang utuh, Basudewa Kutum Bakam,” tegasnya.



Dikesempatan yang sama, Ketua IWB Singaraja, Gde Wisnaya Wisna menuturkan proses pengabenan kinembulan yang dilakukan setiap 4 tahun tersebut, meski sempat kehilangan sosok panutan dalam proses pengabenan tersebut, namun kegiatan pengabenan kinembulan dapat dilakukan.


“Kami sempat merasa bingung karena kehilangan sosok panutan kami dalam proses ini, tapi berkat dorongan semua pihak, proses ini dapat kita lakukan bersama-sama,” bebernya.


Kehadiran sosok Ida Bhawati Hermawan Tangkas juga memberikan semangat baru bagi IWB Singaraja termasuk sejumlah pengarepyang melaksnakan pengabenan tersebut.


"Satu dorongan juga memberikan kami semangat, sosok Ida Bhawati Hermawan Tangkas sangat memberikan bantuan bagi kami,” ujar Wisnaya Wisna.


Salah satu yang mengikuti prosesi pengabanen ini adalah Tokoh Politik sekaligus aktifis dari LSM KoMPak yakni Alm Gede Sarya Tuntun.


Sebagai rangkaian puncak acara Pengabenan Kinembulan III IWB Singaraja akan dilaksanakan pada Selasa, 17 Oktober 2023 dengan upacara puncak memargi ke setra dan kemudian juga dirangkikan dengan upacara penyekahan pada Kamis 19 Oktober 2023 serta rangkain akhir dilakukan pada Jumat 20 Oktober 2023 dengan penyida karya, meajar-ajar ring kahyangan desa dan ngelinggihan dewata di masing-masing merajan