Atasi Kemarau di Gerokgak Polres Buleleng Bangun Sumur Bor

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px


 

Atasi Kemarau di Gerokgak Polres Buleleng Bangun Sumur Bor

Kalingga
Minggu, 10 September 2023



Kabarbuleleng.com | Buleleng

Kemarau panjang di tahun 2023 tampaknya memberikan dampak kekeringan di berbagai daerah. Khususnya mereka yang tidak memiliki sistim irigasi. Seperti dialami  Desa Sumberkelampok, acapkali mengeluhkan air bersih ketika musim kemarau.


Desa Sumberkelampok Kecamatan Gerokgak Buleleng mengeluhkan disaat musin kemarau yang panjang ini sulit mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari termasuk air bersih untuk minum dan mandi, sumber air yang ada menurun drastis dan bahkan tidak mengeluarkan air lagi.




Keluhan Masyarakat desa Sumberkelampok tersebut disampaikan langsung kepada Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H., pada saat melaksanakan Jumat Curhat pada hari Jumat tanggal 28 Juli 2023 di aula Kantor Kepala Desa Sumberkelampok Kecamatan Gerokgak Buleleng.




“ Kami terpaksa membeli air untuk minum bersama keluarga, dimusin panas ini sumber mata air mengalami kekeringan, bantu kami pak Kapolres untuk bisa mendapatkan air bersih karena tidak ada lagi pasokan air untuk kebutuhan sehari-hari, ” ucap salah satu warga Masyarakat.




Menanggapi keluhan Masyarakat Desa Sumbekelampok tersebut kemudian Kapolres Buleleng yang saat itu didampingi Kapolsek Gerokgak KOMPOL Gusti Nyoman Sudarsana, S.St., dan juga hadir Perbekel Desa Sumberkelampok, langsung memberikan solusi dan jalan keluar untuk mengatasi masalah kurangnya air bersih untuk Masyarakat desa Sumberkelampok.




“Polres Buleleng akan membuatkan sumur bor untuk masyarakat desa Sumberkelampok dalam waktu yang singkat dan nanti akan diawasi langsung oleh Kapolsek Gerokgak dalam pembuatannya, ucap Kapolres.




Tanggapan Kapolres Buleleng, langsung mendapatkan ucapan terimakasih dari Masyarakat desa Sumberkelampok dengan menyampaikan, “terimakasih pak Kapolres dan kami tunggu janjinya”, ucapnya.




Tindak lanjut dari janji Kapolres Buleleng langsung berama-sama Masyarakat mencari lokasi sumur bor sehingga ditemukan lokasi yang tepat untuk melakukan pengeboran air.




Polres Buleleng bersama-sama masyarakat desa Sumberkelampok melakukan pengeboran air bersih dengan melibatkan tenaga pengebor sehingga dalam jangka waktu 25 hari, dan hari ini Sabtu (26/8/2023) pengeboran air sudah selesai dilakukan yang airnya dapat ditampung dalam bak air yang besar dan nantinya akan dialirkan ke rumah  penduduk.




“semoga sumur bor yang telah dapat mengalirkan air bersih ini berguna bagi masyarakat Sumberkelampok dan untuk jangka panjang mari kita lakukan penanaman pohon yang lebih massif guna meningkatkan tutupan hutan dan memperbaiki siklus alamiah curah hujan sehingga airnya dapat dimanfaatkan untuk lebih baik”, ucap Kapolres.




Sementara Kapolsek Gerokgak, Kompol Gusti Nyoman Sudarsana hampir satu bulan bersama warga mengerjakan penggalian sumur bor tersebut atas inisiatif masyarakat ketika program Jumat Jurhat pada akhir Juli lalu dan menjadi program prioritas.




"Ya syukurlah masyarakat da aparat bekerja sama untuk menggali sumur bor yang diharapkan mampu memberikan solusi yang positip bagi warga. Karena musim kemarau panjang tentunya memberi dampak kekeringan. Bahkan untuk mengkonsumsi air cukup kesulitan," ucap Kompol Gusti Sudarsana***