Bhabinkamtibmas Polsek Klungkung Dampingi Petugas Keswan Laksanakan Vaksin PMK Ulangan/Booster Terhadap Hewan Ternak Sapi.

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px


 

Bhabinkamtibmas Polsek Klungkung Dampingi Petugas Keswan Laksanakan Vaksin PMK Ulangan/Booster Terhadap Hewan Ternak Sapi.

Kalingga
Jumat, 12 Agustus 2022

Hukrimnews-Dalam upaya melakukan pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan dan ternak, Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung kembali melaksanakan vaksin PMK Ulangan/Booster terhadap ternak sapi yang sudah di vaksin tahap I.

Kegiatan kali ini digelar di Desa Selat dan Desa Tegak Kec./Kab Klungkung dengan pendampingan Bhabinkamtibmas Polsek Klungkung Aipda I Gede Sukanada dan Aiptu Ida Bagus Arta dan sejumlah aparatur setempat serta Petugas Kesehatan Hewan, Kamis, 11/8/2022

Kapolsek Klungkung Kompol Ida Bagus Putra Sumerta,S.Sos., mengungkapkan  dalam pelaksanaan vaksin PMK, pihaknya bersama aparat terkait telah melaksanakan pendataan di wilayah hukumnya.

“Untuk hari ini jadwal vaksin PMK di Desa Selat  dengan sasaran 300 dosis dan Desa Tegak 199 Dosis vaksin yang berikan kepada hewan ternak sapi,” ungkap Kompol Ida Bagus Putra Sumerta,S.Sos., 

Atas vaksinasi PMK tersebut, Kapolsek berharap seluruh hewan ternak di wilayah hukumnya terhindar dari PMK.

“Semoga di wilayah hukum kami, umumnya Polres Klungkung tidak ada ternak terjangkit PMK,” harapnya.

Ia menambahkan, adapun ciri-ciri hewan terinfeksi PMK yaitu apabila mengeluarka air liur yang berlebihan, pada kaki ada luka juga terus nafsu makan berkurang serta hewan mengalami demam sekitar 41 derajat celcius.

“Untuk mencegahnya, kami imbau masyarakat melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan kandang dan selalu desinfektan sekitar kandang,” tandasnya.(Red)