Sebanyak 22 Pesawat Kenegaraan KTT ke-43 ASEAN Menginap di Bandara Soetta

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px


 

Sebanyak 22 Pesawat Kenegaraan KTT ke-43 ASEAN Menginap di Bandara Soetta

Kalingga
Minggu, 03 September 2023



Kabarbuleleng.com | Jakarta | Kalingga


Sebanyak 22 pesawat tamu negara konferensi tingkat tinggi (KTT) ke-43 ASEAN direncanakan akan menginap (Remain Over Night/RON) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mulai Minggu 3 September 2023. Dari jumlah itu, tercatat 15 unit adalah pesawat berbadan lebar (wide body) dan tujuh unit adalah pesawat berbadan sedang (narrow body).


"Apron atau lokasi parkir pesawat telah disiapkan untuk yang menginap, dan dipastikan tidak mengganggu pergerakan pesawat reguler di Bandara Soetta," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura/AP II (persero) Muhammad Awaluddin sebagaimana dikutip InfoPublik pada Minggu (3/9/2023).


Dirut AP Awaluddin menegaskan, seluruh area di sisi udara (air side) dan sisi darat (land side) harus dipastikan siap menyambut pesawat kenegaraan dan kedatangan para tamu negara.


AP II akan membuka posko di Terminal 3 untuk mendukung pusat pengendali bandara terintegrasi yakni Airport Operation Control Center (AOCC).


"Posko di Terminal 3 dibuka hingga 10 September 2023 sebagai upaya taktis di lapangan dan mendukung AOCC yang merupakan pusat pengendali terintegrasi di Bandara Soetta," jelas Awaluddin.


Kedatangan para kepala negara, tamu negara dan delegasi KTT ke-43 ASEAN ini akan melalui tiga terminal, yakni Terminal VIP, Terminal 3 dan CIP Lounge yang terletak area di Terminal 1.


Awaluddin menuturkan, seluruh fasilitas utama dan fasilitas cadangan di ketiga terminal itu harus dipastikan selalu siap.


Sumber: Info Publik /Kemenhub